Batu Safir (Sapphire)

Batu Safir (Sapphire) atau disebut juga Batu Nilam (dalam Bahasa Melayu) adalah bentuk kristal tunggal aluminium oksida (Al2O3), suatu mineral yang dikenal sebagai korundum. Kelompok korundum termasuk aluminium murni. Sejumlah kecil unsur lain seperti besi, titanium, dan kromium memberikan warna biru, kuning, merah muda, ungu, jingga, atau kehijauan terhadap Blue safir. Jenis Batu Safir termasuk batu yang sangat keras yang memiliki nilai 9 dari Skala 10 Mohs. Batu Safir terbaik berasal dari Sri Lanka yang disebut Safir Ceylon dan dari Khasmir (India) yang disebut Royal Blue Khasmir Safir. Dimana dari kedua jenis Batu Safir tersebut paling banyak dicari karena kualitasnya yang sangat bagus.

Karakteristik batu Safir :
Batu SafirFormula kimia: Al2O3
Warna: Putih, tak berwarna, Biru, Hijau, Kuning, Orange, Brown, Pink, Ungu, Gray, Black, warna-warni
Kekerasan: 9
Sistem kristal: Hexagonal
Indeks bias: 1,76-1,77
SG: 3,9-4,1
Transparansi: Transparan ke buram
Ganda Refraksi: 0,0008
Luster: Vitreous untuk adamantine
Pembelahan: Tidak ada, tapi mungkin menunjukkan perpisahan
Kelas Mineral: Corundum

Cara Menentukan Kualitas dan Harga Batu Safir
Safir adalah batu permata biru yang paling berharga dan berharga. Ini adalah batu permata yang sangat diinginkan karena yang sangat baik warna, kekerasan, daya tahan, dan kilau. Dalam perdagangan permata, Sapphire tanpa awalan warna mengacu pada biru variasi dari korundum mineral. Namun, istilah Sapphire mencakup semua varietas permata lainnya dan warna dari korundum juga, termasuk Ruby, berbagai merah korundum, yang memiliki nama sendiri sejak jaman dahulu.
Warna yang paling berharga dari Batu Safir adalah warna biru bunga jagung, yang dikenal sebagai Kashmir Sapphire atau Cornflower Blue Sapphire. Bentuk lain Safir sangat berharga adalah sangat jarang, oranye-merah muda Padparadscha. Jenis eksotis safir, yang dikenal sebagai Mengubah Warna batu Safir, menampilkan warna yang berbeda tergantung pada pencahayaan. Dalam cahaya alami, Mengganti Warna Safir berwarna biru, tetapi dalam cahaya buatan, itu adalah violet. (Efek ini adalah fenomena yang sama terkenal di Alexandrite batu permata). Kuning dan merah muda Sapphire baru-baru ini menjadi sangat populer, dan kini sering terlihat dalam perhiasan.
Perhiasan Batu Safir Ratu Inggris
Akan jalan kembali dalam waktu, Safir (tidak termasuk biru) yang sering disebut dengan nama yang sama sebagai batu permata populer warna dengan awalan "oriental" ditambahkan ke dalamnya. Misalnya, Safir hijau disebut "Emerald Oriental". Praktek menerapkan nama dari sebuah batu permata yang berbeda untuk mengidentifikasi safir itu menyesatkan, dan nama-nama ini tidak lagi digunakan. Apa yang pernah disebut "Oriental Emerald" sekarang disebut "Green Sapphire". Hal yang sama berlaku untuk semua varietas warna lain dari Sapphire. Namun, kata "Sapphire" dalam konteks polos hanya merujuk Sapphire biru, kecuali warna awalan ditentukan. Safir dengan warna selain biru sering disebut "mewah" dalam perdagangan permata.
Batu Safir sering mengandung inklusi kecil kecil jarum Rutile ramping. Ketika ada, inklusi ini mengurangi transparansi batu dan dikenal sebagai sutra. Ketika di padat, pengelompokan paralel, inklusi ini benar-benar dapat meningkatkan dengan memungkinkan Safir dipoles menunjukkan asterism. permata safir menampilkan asterism dikenal sebagai "Star Sapphire", dan ini dapat sangat berharga. Batu Star Safir ada di enam bintang ray, meskipun dua belas bintang ray juga dikenal. 
Kualitas dan Warna Batu Safir

Safir adalah permata tangguh dan tahan lama, dan satu-satunya batu permata alami lebih keras dari safir adalah Diamond. Meskipun demikian, Sapphire ini masih menunggu chipping dan patah jika ditangani secara kasar, dan perawatan harus dilakukan untuk memastikan itu benar ditangani. Sapphire pertama kali disintesis pada tahun 1902. Proses menciptakan safir sintetis dikenal sebagai proses Verneuil. Hanya ahli dapat membedakan antara Safir alami dan sintetis.
Safir merupakan salah satu batu permata yang paling populer, dan digunakan secara luas dalam Perhiasan. Batu Safir berwarna baik dengan warna biru dan transparansi yang sangat baik bisa mencapai beberapa ribu dolar karat. Berbagai biru yang paling sering digunakan dalam perhiasan, tapi kuning, pink, dan oranye "naksir" baru-baru ini menjadi sangat populer. Hijau dan cahaya Safir biru juga dikenal, tetapi kurang umum digunakan dalam perhiasan. Buram Black Sapphire juga digunakan batu permata kecil.Batu Safir digunakan dalam segala bentuk perhiasan, termasuk gelang, kalung, cincin, dan anting-anting. Hal ini digunakan baik sebagai batu permata pusat di liontin dan cincin, serta batu sekunder untuk batu permata lainnya seperti Diamonds. Bintang Safir dipoles sebagai cabochons, dan, jika jelas, sangat berharga.Langka berbagai oranye-merah muda, yang dikenal sebagai Padparadscha, bahkan dapat lebih berharga daripada Sapphire biru baik. Biru Sapphire kadang-kadang diukir akting cemerlang atau angka kecil, terutama bahan kurang transparan. Sapphire sintetis sering digunakan sebagai pengganti murah untuk bahan alami.

Dapatkan Koleksi Batu Safir terbaik: 
ode: S100P

Natural Sapphire; India (Khasmir)
1.00 Carat; Untreatment; VVS1
5.2 x 5.0 x 4.5 mm
Harga: Rp 1.100.000
DETAIL PRODUCT
Kode: S102P

Natural Sapphire; India (Khasmir)
1.02 Carat; Untreatment; VVS2
5.58 x 5.03 x 4.53 mm
Harga:  Rp 1.160.000
DETAIL PRODUCT
Kode: S105P

Natural Sapphire; India (Khasmir)
1.05 Carat; Untreatment; VVS1
5.3 x 5.0 x 4.5 mm
Harga: Rp 1.260.000
DETAIL PRODUCT 

Produk Batu Safir
Selengkapnya

Design by: www.BatuPermataOnline.com