Berlian Berasal dari Batubara

Berlian Berasal dari Batubara

Banyak orang percaya bahwa berlian terbentuk dari metamorfosis dari batubara. Ide yang terus menjadi "bagaimana berlian membentuk" cerita di banyak kelas sains.

Batubara jarang memainkan peran dalam pembentukan berlian. Bahkan, sebagian besar berlian yang telah tanggal jauh lebih tua dari tanaman darat pertama Bumi - bahan sumber batubara! Itu saja sudah cukup bukti untuk menutup gagasan bahwa deposito berlian Bumi terbentuk dari batu bara.

Masalah lain dengan ide adalah bahwa lapisan batubara adalah batuan sedimen yang biasanya terjadi sebagai satuan batuan horisontal atau hampir horisontal. Namun, batuan sumber berlian pipa vertikal penuh dengan batuan beku.

 Proses Terbentuknya Berlian

Empat proses yang dianggap bertanggung jawab untuk hampir semua berlian alami yang telah ditemukan di atau dekat permukaan bumi. Salah satu proses ini menyumbang hampir 100% dari semua berlian yang pernah ditambang. Tiga sisanya merupakan sumber signifikan dari berlian komersial.

Bukti paling meyakinkan bahwa batubara tidak berperan dalam pembentukan paling berlian adalah perbandingan antara usia berlian bumi dan usia tanaman darat awal.

Hampir setiap berlian yang telah tertanggal terbentuk selama Prakambrium Eon - rentang waktu antara pembentukan Bumi (sekitar 4.600 juta tahun yang lalu) dan awal periode Kambrium (sekitar 542 juta tahun yang lalu). Sebaliknya, tanaman darat awal tidak muncul di Bumi sampai sekitar 450 juta tahun yang lalu - hampir 100 juta tahun setelah pembentukan hampir semua berlian alami Bumi.

Karena batubara terbentuk dari sisa-sisa tanaman terestrial, dan tanaman darat tertua lebih muda dari hampir setiap berlian yang pernah tanggal, mudah untuk menyimpulkan batubara yang tidak memainkan peran penting dalam pembentukan berlian bumi.

 

Berlian Formasi di Bumi Mantle

Ahli geologi percaya bahwa berlian di seluruh deposito berlian komersial Bumi terbentuk di mantel dan dikirim ke permukaan oleh deep-sumber letusan gunung berapi. Letusan ini menghasilkan kimberlite dan lamproite pipa yang dicari oleh prospectors berlian. Diamonds lapuk dan terkikis dari ini deposito letusan sekarang terkandung dalam sedimen (placer) deposito sungai dan garis pantai.

Pembentukan berlian alami membutuhkan suhu yang sangat tinggi dan tekanan. Kondisi ini terjadi di zona terbatas mantel bumi sekitar 90 mil (150 kilometer) di bawah permukaan di mana suhu setidaknya 2000 derajat Fahrenheit (1050 derajat Celsius). lingkungan suhu-tekanan kritis ini untuk pembentukan berlian dan stabilitas tidak hadir secara global. Sebaliknya ia berpikir untuk hadir terutama di dalam mantel di bawah interior stabil benua piring.

Berlian terbentuk dan disimpan dalam "zona stabilitas diamond" yang dikirim ke permukaan bumi selama deep-sumber letusan gunung berapi. Letusan ini merobek potongan mantel dan membawa mereka dengan cepat ke permukaan. Lihat Lokasi 1 dalam diagram di bagian atas halaman. Jenis letusan gunung berapi sangat langka dan belum pernah terjadi sejak para ilmuwan telah mampu mengenali mereka.

Apakah batubara yang terlibat? Batubara adalah batuan sedimen, terbentuk dari sisa-sisa tanaman disimpan di permukaan bumi. Hal ini jarang dimakamkan ke kedalaman lebih dari dua mil (3.2 km). Hal ini sangat tidak mungkin bahwa batubara telah dipindahkan dari kerak ke kedalaman di bawah dasar dari lempeng benua. Sumber karbon berlian mantel ini kemungkinan besar karbon terperangkap dalam interior bumi pada saat pembentukan planet.

Dapatkan Koleksi Berlian terbaik: 
Kode: D008

Natural Diamond: 0.08 Carat
Untreatment; IF; Color D
2.9 x 2.7 x 3.0 mm
Harga: Rp 840.000
DETAIL PRODUCT
Kode: D009

Natural Diamond: 0.09 Carat
Untreatment; VVS1; Color E
3.0 x 2.7 x 3.0 mm
Harga: Rp 830.000
DETAIL PRODUCT
Kode: D010

Natural Diamond: 0.10 Carat
Untreatment; VVS1; Color E
3.0 x 2.8 x 3.0 mm
Harga: Rp 870.000
DETAIL PRODUCT

Produk Berlian
Selengkapnya

 

 

Untuk meminta informasi secara tertulis silahkan Klik " Leave a Message Via Email" 
Dengan senang hati kami akan menjawab dan membantu anda atas permintaan dan pertanyaannya. 

Design by: www.BatuPermataOnline.com