Berlian Sintetis

Berlian Sintetis

Berlian sintetis (juga dikenal sebagai berlian buatan, berlian berbudaya, atau berlian yang diolah) adalah berlian yang diproduksi dalam proses buatan, berlawanan dengan berlian alami, yang diciptakan oleh proses geologi. Berlian sintetis juga dikenal luas sebagai berlian HPHT atau berlian CVD setelah dua metode produksi umum (mengacu pada metode formulasi kristal tekanan tinggi bertekanan tinggi dan metode pembentukan uap kimia). Sementara istilah sintetis dikaitkan oleh konsumen dengan produk imitasi, berlian buatan terbuat dari bahan yang sama (karbon murni, dikristalisasi dalam bentuk 3D isotropik). Di A.S., Federal Trade Commission telah mengindikasikan bahwa istilah alternatif yang dikembangkan oleh laboratorium, dibuat oleh laboratorium, dan [nama produsen] -created "akan lebih jelas mengkomunikasikan sifat batu itu".

Berlian Sintetis

Sejumlah klaim sintesis berlian didokumentasikan antara tahun 1879 dan 1928; Sebagian besar upaya tersebut dianalisis secara hati-hati namun tidak ada yang dikonfirmasi. Pada tahun 1940an, penelitian sistematis dimulai di Amerika Serikat, Swedia dan Uni Soviet untuk menanam berlian menggunakan proses CVD dan HPHT. Sintesis reproduktif pertama dilaporkan sekitar tahun 1953. Kedua proses tersebut masih mendominasi produksi berlian sintetis. Metode ketiga, yang dikenal sebagai sintesis detonasi, memasuki pasar berlian pada akhir tahun 1990an. Dalam proses ini, butir berlian berukuran nanometer dibuat dalam peledakan bahan peledak yang mengandung karbon. Metode keempat, merawat grafit dengan ultrasound berdaya tinggi, telah ditunjukkan di laboratorium, namun saat ini tidak memiliki aplikasi komersial.

 Berlian sintetis adalah berlian yang diproduksi di laboratorium, berlawanan dengan berlian yang ditambang dari Bumi. Penggunaan berlian dari permata dan industri telah menciptakan permintaan besar akan batu-batu kasar. Permintaan ini telah dipuaskan sebagian besar oleh berlian sintetis, yang telah diproduksi oleh berbagai proses selama lebih dari setengah abad. Namun, dalam beberapa tahun terakhir ini telah memungkinkan untuk menghasilkan berlian sintetis berkualitas permata dengan ukuran yang signifikan. Hal ini dimungkinkan untuk membuat batu permata sintetis tanpa warna yang, pada tingkat molekuler, identik dengan batu alam dan secara visual serupa sehingga hanya seorang gemologist dengan peralatan khusus yang bisa membedakannya.

Mayoritas berlian sintetis yang tersedia secara komersial berwarna kuning dan diproduksi oleh proses tekanan tinggi temperatur tinggi (HPHT). Warna kuning disebabkan oleh kotoran nitrogen. Warna lain juga dapat diproduksi ulang seperti biru, hijau atau merah muda, yang merupakan hasil penambahan boron atau dari iradiasi setelah sintesis.

Cara lain yang populer untuk menanam berlian sintetis adalah deposisi uap kimia (CVD). Pertumbuhan terjadi di bawah tekanan rendah (di bawah tekanan atmosfir). Ini melibatkan makan campuran gas (biasanya 1 sampai 99 metana dengan hidrogen) ke dalam ruang dan membelah mereka untuk radikal kimia aktif dalam plasma dinyalakan oleh oven microwave, filamen panas, debit busur, obor las atau laser. Metode ini banyak digunakan untuk pelapis, tetapi juga dapat menghasilkan satu kristal beberapa milimeter dalam ukuran (lihat gambar).

 Pada 2010, hampir semua 5.000 juta karat (1.000 ton) dari berlian sintetis yang diproduksi per tahun adalah untuk keperluan industri. Sekitar 50% dari 133 juta karat berlian alami yang ditambang per tahun pada penggunaan industri. perusahaan pertambangan biaya rata-rata $ 40 sampai $ 60 per karat untuk berlian berwarna alami, sementara produsen sintetis biaya rata-rata $ 2.500 per karat untuk sintetis, berkualitas permata berlian berwarna. Namun, seorang pembeli lebih mungkin untuk menghadapi sintetik ketika mencari berlian mewah berwarna karena hampir semua berlian sintetis mewah berwarna, sementara hanya 0,01% dari berlian alami.

Dapatkan Koleksi Berlian terbaik: 
Kode: D008

Natural Diamond: 0.08 Carat
Untreatment; IF; Color D
2.9 x 2.7 x 3.0 mm
Harga: Rp 840.000
DETAIL PRODUCT
Kode: D009

Natural Diamond: 0.09 Carat
Untreatment; VVS1; Color E
3.0 x 2.7 x 3.0 mm
Harga: Rp 830.000
DETAIL PRODUCT
Kode: D010

Natural Diamond: 0.10 Carat
Untreatment; VVS1; Color E
3.0 x 2.8 x 3.0 mm
Harga: Rp 870.000
DETAIL PRODUCT

Produk Berlian
Selengkapnya

 

 

Untuk meminta informasi secara tertulis silahkan Klik " Leave a Message Via Email" 
Dengan senang hati kami akan menjawab dan membantu anda atas permintaan dan pertanyaannya. 

Design by: www.BatuPermataOnline.com