Cara Menentukan Kualitas dan Harga Berlian

Cara Menentukan Kualitas dan Harga Berlian

Berlian menjadi salah satu barang tersier berharga yang bisa dimiliki seseorang. Jika menyimpannya sebagai investasi di masa mendatang, nilainya akan terus menanjak. Maklum, berlian termasuk barang langka dan mahal karena tidak mudah untuk menambangnya. Tidak heran calon investor perlu mengenali berlian lebih jauh untuk mendapatkan kualitas terbaik sebagai investasi.

Dari satu berlian mentah yang diperoleh dari penambangan, hanya 40 persennya yang dinyatakan berkualitas tanpa banyak sidik jari dan dinilai bisa digunakan. Sedangkan 60 persennya terbuang atau dibuat sebagai piring pengasah berlian. Sidik jari alam merupakan istilah lain dari kondisi berlian yang kurang sempurna. Bahasa awamnya adalah berlian yang cacat. Namun berlian termasuk logam mulia mewah yang bernilai tinggi. Proses pembuatannya dan asalnya yang dari tanah dengan kedalaman ratusan meter, membuat berlian mengandung sidik jari alam di dalam dan bukan di permukaannya.

Ciri - ciri Berlian / Batu Intan :
Sruktur kristal: Berlian biasanya berkristal dalam bentuk sistem kristal dan terdiri daripada atom karbon ikatan tetrahedron.
Ketahanan / Kekerasan: Berlian adalah bahan paling keras, 10 pada skala Moht (nilai kekerasan Sempurna) antara 167 dan 231 gigapaskal dalam berbagai ujian.
Warna: Berlian memiliki kilauan warna jernih, putih, biru, kuning, merah, hijau, merah muda, & hitam. Berlian bewarna mengandungi bendasing atau kecacatan struktur yang menyebabkan pewarnaan, sementara berlian tulen atau hampir tulen adalah jernih dan tanpa warna. Kebanyakan bendasing berlian menggantikan atom karbon dalam jaringan kristal akan menyebabkan sedikit warna kekuningan.

Lantas faktor apa saja yang menentukan kualitas dan harga sebuah berlian?
Empat faktor yang disebut “4C”, ditambah 1C menjadi penentunya.

1. Color (Warna) berlian terbaik adalah transparan atau dalam ukuran mutu warna taraf internasional termasuk warna D. Dalam ukuran dunia, warna berlian dimulai dari urutan alfabet D berwarna putih bening (transparan) adalah yang terbaik, menurun hingga ke Z dengan warna kuning terang.
Jikapun ada berlian yang disebut fancy yellow diamond, ini bukan berlian kuning yang berkualitas lebih rendah. Justru, kata Tanya, berlian jenis ini sangat langka karena memiliki warna asli yang ditemukan saat penambangan. Selain kuning, terdapat juga berlian langka berwarna pink, biru, atau hijau. Berlian ini tak ada patokan harga dan bisa naik setinggi-tingginya. Berlian inilah yang dipilih Pangeran Charles saat meminang Putri Diana.

2. Clarity (Kejernihan) berlian menentukan harga. Semakin sedikit sidik jari alam, nilai berlian semakin tinggi. Agak sulit untuk medeteksinya, karenanya dibutuhkan lensa dengan pembesaran 10 kali (tidak boleh lebih) untuk melihatnya. Ketelitian investor diperlukan untuk melihat kejernihan berlian.
Terdapat lima kelas kejernihan dari tingkat tertinggi ke terendah pada sebuah batu Berlian:

FL (Flawless)
IF (Internally Flawless)
VVS1 – VVS2 (very, very slightly included)
VS1 – VS2 (very slightly included)
SI1 – Si3 (slightly included)
I1 – I3 (included)

3. Carat (Ukuran Berat) diartikan sebagai pengukuran berat. Satu karat sama dengan 200 miligram (0,2 gram) atau 100 points. Sebaiknya, Tanya menjelaskan, pilih berlian di atas 0,7 gram untuk investasi.

4. Cutting (Potongan) Yang dimaksud potongan di antaranya bulat, marquise, pear shape, dan lainnya. Ukuran cutting harus proporsional untuk menghasilkan kualitas terbaik dan agar menghasilkan kilau. Berlian dengan kualitas terbaik adalah yang memantulkan cahaya, bukan memancarkan cahaya. Pantulan yang sempurna dipengaruhi bentuk potongannya.

Selain 4C dibutuhkan satu lagi C, yakni Certification. Sertifikat dari Gemological Institute of America (GIA) menjadi lembaga sertifikasi yang terpercaya di pasar internasional, selain lembaga lain seperti HRD atau AGS.

Di dalam sertifikat ini terdapat nomor register, dan berbagai informasi utama tentang berlian seperti bentuk, cutting style, ukuran dan faktor 4C tadi. Informasi dalam sertifikat ini akan menentukan nilai berlian Anda nantinya. Dengan bukti terpercaya, investasi berlian akan lebih aman dan bernilai tinggi.

Dapatkan Koleksi Berlian terbaik: 
Kode: D008

Natural Diamond: 0.08 Carat
Untreatment; IF; Color D
2.9 x 2.7 x 3.0 mm
Harga: Rp 840.000
DETAIL PRODUCT
Kode: D009

Natural Diamond: 0.09 Carat
Untreatment; VVS1; Color E
3.0 x 2.7 x 3.0 mm
Harga: Rp 830.000
DETAIL PRODUCT
Kode: D010

Natural Diamond: 0.10 Carat
Untreatment; VVS1; Color E
3.0 x 2.8 x 3.0 mm
Harga: Rp 870.000
DETAIL PRODUCT

Produk Berlian
Selengkapnya

 

 

Untuk meminta informasi secara tertulis silahkan Klik " Leave a Message Via Email" 
Dengan senang hati kami akan menjawab dan membantu anda atas permintaan dan pertanyaannya. 

Design by: www.BatuPermataOnline.com