Cara Mengetahui Batu Permata Asli atau Sintetis

Cara Mengetahui Batu Permata Asli atau Sintetis

Caranya membedakan Batu Permata asli (Natural) atau Sintetis / imitasi ?

Simaklah beberapa tips yang saya berikan untuk mengetahui keaslian Batu Permata seperti Batu Zamrud, Batu Safir, Batu Ruby (Mirah Delima) dan Batu Berlian di bawah ini:

# Kaca itu bening, sedangkan batu alami kebanyakannya mengandung serat-serat di dalamnya.
# Sebagian orang awam mengira bahwa batu asli itu pecah, tapi sebenarnya hanya serat-serat alami batu. Jarang sekali ditemukan batu permata alam yang bersih tanpa serat.
# Coba tempelkan permata itu ke pipi anda. Apakah terasa dingin? Kalau terasa dingin ini bisa merupakan satu ciri bahwa permata anda itu asli.
# Coba bandingkanlah permata asli dan tiruan, pasti permata asli lebih berat dari permata palsu.
# Bila permata anda itu adalah berlian, maka untuk membuat anda benar-benar yakin akan keasliannya, maka anda bisa menggunakan alat testing berlian. Sebagian besar penjual menyediakan alat ini.
# Bila anda masih ragu-ragu juga, sebaiknya bertanyalah kepada ahlinya demi keselamatan anda.

Hanya ini saja cara membedakan permata asli dan imitasi yang saya ketahui berdasarkan pengalaman saya selama belasan tahun berjualan permata di Martapura.

Batu Permata Natural dan Sintetis

Imitasi telah merambah hampir semua kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Silakan sebutkan satu saja kebutuhan manusia yang tak ada imitasinya. Sangat sulit, bukan? Ini menunjukkan betapa bentuk imitasi telah merambah pada hampir seluruh aspek kebutuhan manusia sehari-hari. Akibatnya, jika tanpa pengetahuan yang memadai untuk secara pasti menentukan mana yang asli dan mana yang imitasi, kita sendiri yang akan kenah getahnya.Apalagi jika yang harus dinilai antara yang asli dan imitasi benar-benar sama, seperti batu permata misalnya. Hanya orang-orang tertentu saja yang mengetahui mana batu permata asli, dan mana yang imitasi.

Namun, bukan berarti pengetahuan tentang batu permata ini tidak bisa dipelajari. Ketidak tahuan masyarakat awam bahkan para penggemar batu permata, mengenai mana yang asli dan mana yang palsu, menjadi lahan subur untuk berkeliarannya para penjual yang tidak bertanggung jawab alias penipu berkedok penolong, yang pura-pura memberi advis konsultasi gratis. Ujung-ujungnya menjual batu permata yang katanya asli, tapi palsu.Seorang pedagang batu permata yang telah lama berkecimpung dalam jual beli batu permata, sering mengeluhkan adanya kasus-kasus penipuan seperti ini. Seorang konsumen datang menawarkan batu permata yang katanya asli, dibeli dari seorang kolektor batu permata. Padahal setelah dicek, ternyata batu permata tersebut "aspal", kelihatan asli, tapi sebenarnya palsu.

Cara yang sederhana dan gampang untuk mengetahui batu permata asli adalah dengan menempelkan batu tersebut ke pipi. Kalau terasa dingin, ini bisa jadi salah satu ciri bahwa batu permata tersebut memang asli. Tapi itu bukan satu-satunya ciri.Dari timbangannya. jika Anda telah sering memegang batu permata, juga bisa menjadi indikasi. Jika terasa lebih berat untuk ukuran batu sebesar yang Anda pegang, maka bisa dipastikan kalau batu permata itu memang asli. Tapi kalau untuk ukuran sebesar batu yang Anda pegang itu terlalu riangan, Anda harus mulai hati-hati, jangan-jangan memang palsu.

Batu permata, apa pun namanya tetap mengandung serat di dalamnya. Berbeda dengan kaca yang menjadi bahan imitasi batu permata, bening tanpa serat. Jadi, apabila Anda melihat batu permata asli itu berserat, bukan berarti batu tersebut pernah jauh dan pecah. Itulah serat alami yang dikandung batu permata asli. Kalau tidak ada serat, bisa dipastikan batu permata itu memang palsu.Untuk mengetahui batu berlian, lebih baik memang langsung dites saja menggunakan alat pengecek keaslian berlian. Biasanya beberapa pedagang batu permata, punya alat ini.Yang terpenting adalah jangan sampai malu bertanya, karena akan sesat menentukan batu permata yang asli.

Dapatkan Koleksi Batu Permata terbaik: 
Berlian 

Natural Diamond: 0.45 Carat
Untreatment; VVS1; Color Blue
4.5 x 3.4 x 4.5 mm
 
Produk Selengkapnya
Batu Ruby

Natural Ruby; Origin Burma
3.66 carat; Untreatment; VVS1
9.4 x 8.8 x 6.9 mm
 
Produk Selengkapnya
Batu Safir

Natural Sapphire; India (Khasmir)
2.15 Carat; Untreatment; VVS2
7.3 x 7.1 x 5.3 mm

Produk Selengkapnya
  Batu Zamrud

Natural Emerald; Colombia
1.81 Carat; Untreatment; VVS2
6.8 x 6.7 x 5.2 mm
 
Produk Selengkapnya

 

Untuk meminta informasi secara tertulis silahkan Klik " Leave a Message Via Email" 
Dengan senang hati kami akan menjawab dan membantu anda atas permintaan dan pertanyaannya. 

Design by: www.BatuPermataOnline.com