Jenis Batu Permata

Jenis Batu Permata:

Batu Berlian atau disebut juga Intan (Diamond) "Dalam mineralogi" adalah alotrop karbon metastabil, di mana atom karbon disusun pada variasi dari struktur kristal kubik. Batu Intan terkenal sebagai bahan dengan kualitas fisik superlatif, yang sebagian besar berasal dari ikatan kovalen yang kuat antara atomnya. Secara khusus, berlian adalah Jenis Batu mulia yang paling keras yang memiliki nilai 10 dari Skala 10 Mohs dan konduktivitas termal dari berbagai bahan massal.

Jenis dan Warna Berlian

Berlian merupakan salah satu batu Mulia / Permata yang paling mahal. Seperti yang tercantum dalam komposisi kimia, Berlian adalah karbon murni diatur dalam kisi berlian, yang menyumbang itu kekuatan yang luar biasa dan daya tahan. Berlian ditemukan di kimberlites didinginkan yang terbentuk selama 1 - 3 miliar tahun.

Selain itu Berlian merupakan salah satu batu mulia termahal yang disebabkan batunya sangat langka dan memiliki kilauan atau dapat memancarkan cahaya. Berlian juga ada yang berwarna seperti Berlian Biru (Blue Diamond), Berlian Kuning (Yellow Diamond) dan Berlian Hitam (Black Diamond). Tambang Berlian (Batu Intan) banyak ditemukan di Afrika. Di Indonesia juga memiliki tambang Batu Intan yaitu diMartapura (Kalimantan). Berlian melambangkan kesucian, kemuliaan, kemakmuran dan kekuasaan bagi pemakainya.

Batu Ruby atau disebut juga Batu Merah Delima adalah batu permata berwarna merah yang memiliki variasi antara merah muda hingga merah darah dan merupakan salah satu jenis dari mineral korundum (Al2O3). Jenis Batu Ruby termasuk batu yang sangat keras yang memiliki nilai 9 dari Skala 10 Mohs. 

Ruby

Ruby dikenal sebagai “The King of Gemstones” Raja Batu Permata. Batu permata merah terang ini adalah salah satu batu permata paling dikenal di dunia. Ruby juga disebut Batu Merah Delima merupakan jenis mineral Corondum. Kata Ruby berasal dari kata Latin 'ruber' yang berarti merah. rubi alam cukup langka dan mahal. Rubi transparan yang lebih besar sangat jarang terjadi, jauh lebih langka dari berlian. Beberapa batu rubi memiliki warna merah pekat, ini disebut sebagai warna merah darah merpati. Selama ribuan tahun, ruby telah dianggap sebagai salah satu batu permata paling berharga di Bumi. Ini memiliki segala batu mulia harus memiliki: warna megah, kekerasan baik dan kecemerlangan yang luar biasa. Selain itu, itu adalah batu permata yang sangat langka, terutama dalam kualitas yang lebih halus nya.

Warna Merah pada Batu Ruby terutama disebabkan oleh kromium (aluminium oksida) dengan sistem krsstal Heksagonal. Batu Ruby terbaik berwarna merah darah (Blood) dan Kristal yang berasal dari Burma (Myanmar). Sedangkan Batu Ruby Afrika warnanya agak merah gelap dan tidak kristal. Batu Ruby melambangkan keberanian, kekuatan dan keberuntungan bagi pemakainya.

Batu Safir atau disebut juga Batu Nilam (dalam Bahasa Melayu) adalah bentuk kristal tunggal aluminium oksida (Al2O3), suatu mineral yang dikenal sebagai korundum. Kelompok korundum termasuk aluminium murni. Sejumlah kecil unsur lain seperti besi, titanium, dan kromium memberikan warna biru, kuning, merah muda, ungu, jingga, atau kehijauan terhadap Blue safir. Jenis Batu Safir termasuk batu yang sangat keras yang memiliki nilai 9 dari Skala 10 Mohs. 

Jenis dan Warna Safir

Salah satu batu permata termahal adalah Safir yang merupakan jenis mineral Corondum. Beberapa jenis safir seperti Safir biru, Safir Merah yang dikenal sebagai Ruby, Safir Orange yang dikenal sebagai Padparascha, Safir Ungu (Violet), Safir Hijau dan Safir Putih. Safir yang paling banyak disukai adalah Safir Biru. Faktor yang paling penting untuk safir biru adalah warna. Semakin intens warna biru yang lebih tinggi nilai. Kejelasan adalah faktor nilai kedua, safir kualitas tinggi harus eye-bersih. Ini berarti bahwa Anda tidak harus dapat melihat inklusi apapun dengan mata telanjang. Safir dbanyak ditemukan di Srilanka dan Khasmir. keindahan, warna megah, transparansi, tetapi juga keteguhan dan daya tahan adalah kualitas yang terkait dengan batu permata ini oleh para pecinta batu permata dan spesialis sama.

Blue Safir termasuk semua variasi kualitas mineral korundum kecuali yang memiliki warna merah jenuh penuh, yang dikenal sebagai Batu Ruby (Merah Delima). Batu Safir terbaik berasal dari Sri Lanka (Ceylon) dan Khasmir (India), Dimana dari kedua jenis Batu Safir tersebut paling banyak dicari karena kualitasnya yang sangat bagus. Batu Safir melambangkan kebijaksanaan, keagungan dan kehormatan bagi pemakainya.

Batu Zamrud / Emerald adalah batu permata atau batu mulia yang berwarna hijau sampai hijau tua. Zamrud termasuk mineral silikat beril (mengandung beryllium) dan warna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium (Be3Al2SiO6). Adanya vanadium dan besi yang menyertai kelumit kromium akan menyebabkan ragam zona pada warna hijau tersebut.

Zamrud

Zamrud adalah batu permata dari jenis mineral beryl berwarna hijau dengan jumlah jejak kromium dan kadang-kadang vanadium. Zamrud adalah batu permata yang menarik karena memiliki hijau yang paling indah, paling intens dan paling bersinar yang mungkin dapat dibayangkan: hijau zamrud. Inklusi ditoleransi. Dalam kualitas terbaik, zamrud terbaik bahkan lebih berharga daripada berlian. Zamrud terbaik berasal dari Colombia, karena warna hijaunya yang lebih pekat dan berkristal. Zamrud memiliki Inclusi yang unik yaitu adanya kristal inklusi berupa retak (Crack) atau celah yang khas dari batu permata ini. Zamrud merupakan batu yang paling berharga dalam kelompok beryl. Warna hijau Zamrud yang indah tak tertandingi di dunia permata. Tidak seperti permata beryl lain, Zamrud sering mengandung inklusi dan kekurangan lainnya. Kekurangan ini tidak tampak pada aspek negatif untuk Zamrud seperti mereka akan untuk batu permata lainnya. Memang, kekurangan ini dianggap sebagai bagian dari karakter batu dan digunakan untuk menjamin pembeli dari batu alam.

Kekerasan zamrud termasuk tinggi (7,5 dari skala 10 Mohr). Batu Zamrud terbaik berasal dari Colombia, karena warna hijau pada Batu Zamrudnya sangat tajam, Bahkan kearah Hijau tua dan Kristal. Beda kalau Batu Zamrud dari Brazil atau Rusia memiliki warna hijau lebih muda. Batu Zamrud melambangkan keanggunan, kesejukan & Kewibawaan bagi pemakainya.

 

Dapatkan Koleksi Batu Permata terbaik: 
Berlian 

Natural Diamond: 0.45 Carat
Untreatment; VVS1; Color Blue
4.5 x 3.4 x 4.5 mm
 
Produk Selengkapnya
Batu Ruby

Natural Ruby; Origin Burma
3.66 carat; Untreatment; VVS1
9.4 x 8.8 x 6.9 mm
 
Produk Selengkapnya
Batu Safir

Natural Sapphire; India (Khasmir)
2.15 Carat; Untreatment; VVS2
7.3 x 7.1 x 5.3 mm

Produk Selengkapnya
Batu Zamrud

Natural Emerald; Colombia
1.81 Carat; Untreatment; VVS2
6.8 x 6.7 x 5.2 mm

Produk Selengkapnya

 

Untuk meminta informasi secara tertulis silahkan Klik " Leave a Message Via Email" 
Dengan senang hati kami akan menjawab dan membantu anda atas permintaan dan pertanyaannya. 

Design by: www.BatuPermataOnline.com